Cara Merawat Karpet Tile Agar Tetap Bersih Seperti Baru

Berbicara soal karpet, kamu pasti sudah tidak asing dengan jenis karpet yang satu ini yaitu karpet tile. Karpet ini pada dasarnya sama seperti karpet lain pada umumnya, kamu akan sering menjumpai karpet jenis ini pada perkantoran, lantai hotel atau berbagai gedung-gedung pertemuan. Kamu pasti bertanya-tanya mengapa perkantoran, hotel dan gedung-gedung pertemuan lainnya banyak menggunakan karpet tile? Jawabannya sudah jelas tentu saja karena motifnya yang unik, yakni kotak-kotak menyerupai ubin asli dan memiliki nilai estetika tersendiri yang menjadikan setiap ruangan tampak lebih mewah dan begitu elegan. Untuk mencari karpet jenis ini cukup mudah kok, hampir seluruh toko karpet sudah jual karpet tile ini dengan berbagai motif dan harga. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Untuk harga sendiri sangat bervariasi, tergantung motif dan warna yang kamu inginkan. Tapi kamu tidak usah takut, untuk menemukan  toko yang jual karpet tile murah sangatlah mudah. Selain membelinya secara offline atau datang langsung ke toko, kamu juga bisa membeli karpet tile dengan harga terjangkau melalui online. Konon katanya nih harga yang dipasang oleh toko online jauh lebih murah dibandingkan toko biasa loh.

Cara Merawat Karpet Tile

Semakin hari, peminat karpet tile ini semakin tinggi sehingga toko yang jual karpet tile murah pun semakin menjamur. Awalnya penggunaan karpet ini hanya sebatas untuk perkantoran, hotel dan apartemen kini sudah banyak masyarakat yang menggunakan karpet tile untuk hunian pribadi. Supaya tetap mendapatkan kesan elegan pada ruangan, kamu juga harus rajin merawat dan membersihkan karpet tile ini loh. Jangan biarkan debu dan berbagai kotoran lainnya bersarang, debu dan kotoran yang menumpuk pada karpet tile ini akan membuat tampilan karpet lusuh dan kurang cantik dipandang.

Selain itu kondisi karpet yang kotor juga akan menimbulkan berbagai macam penyakit, serem banget kan. Biasanya nih setiap toko yang jual karpet tile akan memberitahu bagaimana cara untuk membersihkan karpet tersebut, lengkap dengan perawatannya agar karpet senantiasa bersih dan wangi. Bahkan beberapa toko juga menyediakan cairan khusus untuk membersihkan karpet jadi kamu tidak perlu khawatir.

Berikut Ini Cara Mudah Untuk Membersihkan Karpet Tile

Cara Mudah Untuk Membersihkan Karpet Tile

Untuk perawatannya sendiri jika kamu masih ragu, berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan karpet tersebut agar tidak menjadi sarang berkumpulnya debu dan kotoran. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan vacuum cleaner, sebelum kamu menyalakan vacuum cleaner ini yuk pindahkan dahulu semua perabotan yang ada di atas karpet. Jika semua perabotan sudah dipindahkan baru deh kamu bisa mulai menyalakan vacuum cleaner. Cara ini tergolong sangat mudah dan dapat kamu lakukan setiap hari loh. Vacuum cleaner berguna untuk menyedot debu-debu halus dan berbagai kotoran kering yang ada di permukaan karpet.

Agar kamu semakin mudah dalam membersihkan karpet tile menggunakan vacuum cleaner, tidak ada salahnya ya memukul-mukul terlebih dahulu bagian atas karpet menggunakan sapu lidi bersih atau alat lainnya, agar semua kotoran yang ada di sela-sela karpet keluar dan lebih mudah dihisap mesin vacuum cleaner. Lalu bagaimana jika terdapat noda di bagian karpet? Nah permasalahan seperti ini pasti sering kamu alami di rumah, terutama jika memiliki anak kecil. Cara membersihkan karpet tile yang terkena noda bisa menggunakan deterjen yang sudah dicairkan.

Baca juga: Tips Dekorasi Ruangan Tanpa Meja dan Kursi

Caranya pun sangat sederhana, kamu bisa mencampurkan deterjen atau cairan pencuci piring dengan 600 ml air hangat kemudian semprotkan pada kain yang halus. Kemudian kain halus yang sudah disemprotkan cairan tadi kamu usapkan pada noda yang terdapat di karpet. Perlu diingat ya, jangan sekali-kali menyemprotkan langsung ke bagian karpet, karena bisa merusak motif dan warna karpet. Jika kamu takut salah menggunakan deterjen lebih baik kunjungi toko yang jual karpet tile dan tanyakan apakah mereka menjual cairan pembersihnya atau tidak. Selamat mencoba!